Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan ( TKJ ) Ingin jadi Apa ? - Wanjay

Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan ( TKJ ) Ingin jadi Apa ?



Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan ? Mau jadi Apa ? - Bertemu lagi para pembaca, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang anak tkj, Mau jadi apasih anak tkj kalau udah lulus ? 

Apakah sekarang anda merupakan siswa teknik komputer dan jaringan ? kalau iya, pasti pernah terbesit di hati anda, mau jadi apasih kita kalau sudah lulus nanti ? Dalam hal ini anda tipe siswa smk seperti apa

1. Yang Penting Masuk
Tidak peduli anda masuk skolah mana, SMK atau SMA, yang penting anda skolah. Setiap hari masuk sekolah, yang penting duduk dikursi, entah guru menerangkan apa, yang penting masuk. 

2. Salah jurusan
TKJ (Teknik Kliru Jurusan/Teknik Salah Jurusan). Anda masuk ke jurusan teknik komputer dan jaringan karena itu merupakan pilihan terakhir yang anda pilih. Mau tidak mau harus anda ambil, walupun sebenarnya anda tidak menginginkannya, sebenarnya tidak ada istilah Salah Jurusan, kalau anda ingin belajar serius, pasti bisa dalam berbagai bidang.

3.  Ingin Belajar Sunguh-Sungguh
Tidak sedikit pula siswa yang masuk ke jurusan komputer dan jaringan karena benar-benar ingin mendalami ilmu tentang komputer dan jaringan. Mereka akan bersungguh-sungguh dalam mengikuti praktek lab, aktif dalam kegiatan pembelajaran, walaupun ada yang tidak begitu aktif, setidaknya tahu dan paham baik materi dan praktek

Mau jadi apa kita setelah lulus ? 


1. Kuliah/Khursus Bidang Komputer
Banyak siswa lulusan tkj yang memutuskan untuk kuliah demi mengejar obsesinya di bidang komputer dan jaringan. Walau ada yang tidak kuliah, ada yang memutuskan untuk ikut khursus demi memantapkan skillnya agar bisa langsung dipraktekkan di lapangan.

2. Kerja
Banyak juga dari siswa alumni tkj yang memutuskan untuk bekerja daripada meneruskan ke perguruan tinggi, kerja ? kenapa tidak. Kalau anda ingin mendapatkan pengalaman baru dengan bekerja, dan anda memiliki bekal yang cukup setelah 3 tahun di SMK, ya kerja saja. Banyak untunganya, bisa mendapatkan penghasilan, pengalaman dilapangan. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Banyak pekerjaan yang membutuhkan skill tkj anda walaupun masih lulusan SMK. Misalnya:
  • Wireless Networking, kalau anda memiliki minat dan kemauan yang besar disertai modal, anda bisa memulai pekerjaan di bidang Wireless Networking, seperti pemasangan Wi-Fi di rumah rumah warga. Dalam bisang ini anda harus bisa untuk membuat antena, mengkonfigurasi perangkan wireless.
  • Linux Administrator, kebutuhan internet sekarang memang tidak bisa dipungkiri lagi, bisa kita lihat dari banyaknya warga yang memesan jasa pemasangan Wi-FI, dalam hal ini warga biasa akan menyewab bandwith yang kecil, dalam hal ini Linux Administrator berjasa dalam bidangnya. Sekarang banyak orang yang ahli dalam server linux menawarkan jasa web caching dengan squid, dengan alasan menghemat bandwith. Apabila ingin bekerja di bidang ini anda harus memahami server linux
  • Servis Komputer, dalam bidang pekerjaan ini, menurut saya memerlukan ketlatenan dan kemauaun dalam belajar. Mengapa ? karena dizaman sekarang, baik lulusan tkj maupun orang awam sudah bisa meperbaiki komputer secara otodidak, anda sebagai alumni tkj setidaknya memiliki satu nilai lebih dibanding orang awam, baik dari sisi sistem, hardware, software. Bidang pekerjaan ini sangat banyak saingannya, jadi harus pintar-pintar menarik pelanggan
Dan masih banya lagi bidang pekerjaan yang membutuhkan skill komputer dan jaringan anda 

Itu tadi sedikit gambaran dari saya tentang , Mau jadi apa sih setelah kita lulus nanti ? Sebenarnya kita tidak bisa menghakimi orang tersebut mau jadi apa, walapu dia lulusan tkj,rpl, dll, kita tidak akan tau. Namun hal diatas bisa dijadikan inspirasi bagi anda untuk balajar dengan sungguh sungguh setiap bidang ilmu yang anda minati. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Klik Untuk Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel