Cara Mengatasi Debian di VirtualBox Tidak Bisa Ping ke Windows - Wanjay

Cara Mengatasi Debian di VirtualBox Tidak Bisa Ping ke Windows

Cara Mengatasi Debian di VirtualBox Tidak Bisa Ping ke Windows adalah pokok persoalan yang akan kita bahas kali ini. VirtualBox adalah aplikasi yang memungkinkan kita bisa menjalankan sebuah sistem operasi di dalam sistem operasi yang sedang berjalan. Dengan virtualbox kita bisa menjalankan sistem operasi secara virtual, selagi kita menggunakan windows sebagai os utama.

Virtualbox ini tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga anda. Virtualbox ini adalah aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh berbagai siswa tkj untuk praktek membuat sebuah server. Sebenarnya ada aplikasi lain yang memiliki fungsi sama dengan virtualbox, yaitu vmware. Namun selama ini saya lebih suka menggunakan virtualbox, karena lebih ringan dan mudah untuk dioperasikan.

Dan masih sama seperti postingan yang sebelumnya. Saya membuat tutorial ini karena ada salah satu pembaca yang mengalami kendala dalam menggunakan virtualbox ini, dalam kasus ini adalah "windows bisa ping ke virtualbox, tapi virtualbox tidak bisa ping ke windows". Kurang lebih seperti gambar dibawah ini


Bisa anda lihat pada gambar di atas, sistem operasi debian yang ada di virtualbox tidak bisa melakukan ping ke os windows kita, namun ping bisa dilakukan dari os windows ke debian di virtualbox. Jika anda sudah sangat yakin, tidak ada kesalahan pada konfigurasi network pada sisi debian, atau pemilihan adapter di virtualbox. Jadi apa yang salah di sini ? apakah settingan pada debian servernya ? Jawabannya adalah:
Firewall Di Windows Menolak Ping Dari VirtualBox
Lalu apa yang harus kita lakukan, kita tinggal mematikan firewall windows kita. Berikut adalah cara menon-aktifkan firewall pada windows. Kali ini saya menggunakan sistem operasi windows 8.

1. Masuk Pada Menu Firewall Windows
windows > firewall


2. Klik pada Turn Windows Firewall On Or Off


3. Matikan Firewall Yang Terhubung Ke Jaringan Anda

4. Pengujian
Setelah langkah-langkah di atas sudah kita lakukan dengan benar, kita lakukan pengujian seperti pada awal tadi.

Dan berhasil, saat melakukan pratek jangan terlalu panik, lakukan dengan santai dan bertahap, pahami setiap langkah yang anda lakukan. Selain faktor firewall, ada beberapa alasan tidak terhubungnya ke dua sistem operasi tersebut, antara lain bisa dari kesalahan saat melakukan konfigurasi ip address atau pemilihan adapter pada virtualbox (Apakah bridge, atau host-only adapter).

Subscribe Blog Wanjay Agar tidak Ketinggalan Update. Gratis!!!

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel