Cara Setting Forward DNS Debian 9 Dengan Bind9 - Wanjay

Cara Setting Forward DNS Debian 9 Dengan Bind9

Untuk kali ini saya akan membahas tentang Cara Setting Forward DNS Debian 9 Dengan Bind9. Sebelumnya kita bahas dulu apa itu dns forward. 

Dari kata forward yang artinya "meneruskan", dns forward merupakan fungsi dari dns yang mampu meneruskan request dari client untuk mengakses web luar melalui dns lokal. Dns lokal yang saya maksud adalah dns server dari komputer lokal, bukan dari Telkom maupun dari Google. Secara sederhananya, jika client menggunakan ip dns lokal, misal "192.168.0.2", client masih bisa untuk mengakses web luar jika menggunakan forward dns.

Dns forward ini juga bisa digunakan untuk mengakses domain yang bersifat lokal. Misal, client menggunakan dns server  "192.168.0.2", client bisa mengakses domain di komputer server yang berbeda, contoh saja domain dari server "192.168.0.10" atau "192.168.12.100", untuk catatan, jika network sudah berbeda, harus menggunakan router

Forwarding umunya digunakan dalam berbagai router, misalnya router mikrotik, para admin sering menggunakan fungsi port forwarding agar server lokal bisa diakses dari luar.

Sedangkan dalam debian server, fungsi forward bisa menggunakan bind9. Berikut caranya, dan kali ini saya akan menggunakan debian  9 Stretch.

1. Tambah Script Berikut di  /etc/bind/named.conf.options
allow-query {any;};
recursion yes;
forwarders { 202.134.1.10;};
forward only;
dnssec-validation no;
dnssec-enable no;
contoh gambar:
Cara Setting Forward DNS Debian 9 Dengan Bind9

Maksud dari script "Forwarders" di atas adalah, jika client menggunakan dns server lokal, dan ingin membuka domain luar. Jika domain yang dituju tidak ada dalam server lokal, maka akan diteruskan (forward) ke alamat dns server "202.134.1.10", misalnya saja google.com dan youtube.com. Untuk ip forwarders bisa menggunakan ip dns server lokal juga

2. Masuk pada /etc/resolv.conf
Dan masukkan ip dns server lokal anda
3. Pengujian
Kita coba melakukan nslookup 

Bisa anda lihat di atas. kita bisa melakukan nslookup ke google.com, meskipun kita menggunakan ip dns server lokal "192.168.0.7". Di dns server lokal saya, tidak saya buat zone untuk google, secara otomatis client akan di forward ke dns server "202.134.1.10" tadi

Kita coba melakukan ping koneksi

Dan bisa anda lihat di atas, kita juga bisa melakukan ping koneksi ke google.com.

Untuk sistem operasi server yang digunakan, bisa menggunakan debian 8, debian 9, maupun debian , karena konfigurasi masih sama.

Untuk kali ini hanya itu saja tentang Cara Setting Forward DNS Debian 9 Dengan Bind9. Untuk pengujiannya, anda bisa menghapus script yang tadi anda tambahkan, dan lihat apa perbedaanya.

Subscribe Blog Wanjay Agar tidak Ketinggalan Update. Gratis!!!

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel