Dasar Dasar Grafika Komputer - Wanjay

Dasar Dasar Grafika Komputer


DASAR-DASAR GRAFIKA KOMPUTER
Pengantar Grafika Komputer

Assalamualaikum wr.wbKali ini saya akan membahas mengenai dasar-dasar grafika komputer.


1. Pengertian Grafika Komputer

Grafika komputer (computer graphics) merupakan salah satu ilmu informatika yang mempelajari pembuatan dan manipulasi gambar dengan komputer atau secara digital. Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar Monitor berfungsi sebagai sumbu koordinat x dan y. Dengan kata lain maka grafika komputer adalah proses konversi informasi digital ke dalam format visual untuk ditampilkan pada terminal atau output pada printer. Dalam pembuatan komputer grafis diperlukan komputer digital untuk menyimpan dan memanipulasi gambar,tampilan layar, input / output, dan perangkat lunak khusus yang memungkinkan komputer digunakan untuk menggambar, warna, dan memanipulasi gambar sehingga dapat disimpan dalam memori.Format komputer grafis umum termasuk GIF dan JPEG, untuk gambar
tunggal, dan MPEG dan Quicktime, untuk gambar multiframe.

Aplikasi grafika komputer telah digunakan secara luas dalam bisnis, penelitian ilmiah, dan hiburan. Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah Desain Grafis. Bentuk sederhana dari grafika komputer yaitu titik, garis dan bidang 2 Dimensi (2D), yang kemudian dikembangkan menjadi bidang 3 Dimensi (3D), pengolahan citra (image processing) dan pengenalan pola (pattern recognation). Salah satu manfaat utama dari grafis komputer adalah bahwa gambar dapat dimanipulasi dengan relatif mudah dan banyak efek visual yang mungkin karena gambar dapat dimainkan dengan lebih baik sampai pada efek yang diinginkan tercapai. Pada dasarnya desain grafis dibedakan atas dua, yaitu desain bitmap dan desain vector. Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster/pixel/dot/titik/point koordinat. Pembuatan citra (images) sebagai koleksi dari dots (pixels) yang kecil, independent dan dapat diatur dalam bentuk baris dan kolom. Raster grafika juga dikenal sebagai pixel graphics. Hampir semua perangkat output komputer menggunakan konsep raster seperti CRTs, LCDs, LEDs, dan plasma screens.



Pixel merupakan singkatan dari picture element, kadang-kadang juga disebut pel. Pixel merupakan satu titik dalam satu grid berbentuk persegi atau juga beribu titik secara individual “dilukis” menjadi suatu bentuk image yang dihasilkan pada layar komputer atau pada kertas oleh sebuah Printer. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya semakin besar. Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain : Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks. Grafis jenis vektor merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming). Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan demikian , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori. Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain CorelDraw , Macromedia Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer.

Dalam grafika komputer memiliki tiga tema utama, yaitu :

  • Modelling, yaitu cara mempresentasikan sebuah objek atau lingkungan disekitar .
  • Animasi, yaitu mempelajari tentang penggambaran dan manipulasi gerakan objek secara otomatis atau manual.
  • Rendering, yaitu mempelajari algoritma untuk membuat dan menampilkan struktur/detail suatu objek.

2. Peran dan Penggunaan Grafika Komputer

Grafika komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif. Pada saat ini grafika komputer digunakan secara rutin di bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya. Berikut contoh peranan grafika komputer dalam berbagai bidang:

1) Desain
Proses desain grafika komputer terutama digunakan pada sistem engineering dan arsitektur. Salah satu contoh penerapan grafika computer yaitu Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan desain mobil, bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan lain-lain. Pada beberapa aplikasi desain, objek ditampilkan dalam bentuk wireframe yaitu bagian gambar yang memperlihatkan keseluruhan bentuk dan fitur internal dari sebuah objek, dimana diperlihatkan 
keseluruhan bentuk, dengan bentuk internal dari objek tersebut. Penggunaan wireframe bermanfaat bagi designer untuk melihat isi dari objek tersebut. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu AutoCAD, 3D Studio Max, dan Maya.

2) Grafika Presentasi
Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah grafik presentasi yang dapat berupa cetakan, slide, dan transparansi. Grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan, sains, data ekonomi, dan lain-lain. Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart, pie chart, dan lain-lain.

3) Computer Art
Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.

4) Film
Pada pembuatan film layar lebar, grafika komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing. Misalnya dalam proses special effect, film animasi.

5) Televisi
Grafika komputer dalam tayangan televisi juga dapat berupa iklan, tampilan tiap acara, dan lainnya.

6) Video Musik
Produksi video musik tidak terlepas dari grafika komputer, diantaranya pembuatan promosi, cover atau kemasan video, serta animasi yang mengiringi setiap lagu. Proses editing video dan audio dilakukan dengan menggunakan komputer.

7) Game
Berbagai game dapat dijalankan pada komputer PC, video player dengan monitor TV, dan ada yang menggunakan perangkat keras 
khusus. Alat input interaktif seperti mouse dan joystick diperlukan untuk aplikasi game.

8)
Graphical User Interface (GUI)
Graphical interface (antarmuka grafik) banyak digunakan dalam setiap aplikasi. Komponen utamanya adalah window manager, dimana pengguna dapat mengatur tampilan dari window. Interface juga menampilkan menu dan icon untuk mempercepat pemilihan yang dilakukan oleh pengguna.








Subscribe Blog Wanjay Agar tidak Ketinggalan Update. Gratis!!!

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel