kunci jawaban PKN tugas kelompok 7.3 halaman 227 kelas 12 - Wanjay

kunci jawaban PKN tugas kelompok 7.3 halaman 227 kelas 12

NO
Nama Pakar
Makna Negara Federal/Serikat
1.


Abu Daud Busroh
   Negara Federasi adalah Negara yang tersusun dari beberapa negara yang semula berdiri sendiri dan kemudian negara-negara tersebut mengadakan ikatan kerja sama yang efektif, tetapi disamping itu negara-negara tersebut masih ingin mempunyai wewenang-wewenang yang dapat diurus sendiri.
2.
Al Chaidar
Negara Federasi adalah Negara yang berbicara tentang suatu negara besar yang berfungsi sebagai negara pusat dengan suatu negara konstitusi federal yang didalamnya terdapat sejumlah negara bagian yang masing-masing memiliki konstitusi sendiri-sendiri.
3.
C.F. Strong 
   Negara federal merupakan konsep yang digabungkan antara negara kesatuan dan negara konfederasi. Hal ini menurutnya sebuah konsep yang bertentangan namun bergabung menjadi apa yang disebut sebagai negara federal. Pada pelaksanaannya, bahwa penyelenggaraan kedaulatan ke luar dari negara negara bagian diserahkan sama sekali kepada pemerintah federal sedangkan kedaulatan ke dalam dibatasi.


2. Analisislah persamaan dan perbedaan pendapat-pendapat tersebut.

Jawaban : 

-Persamaan : Jika disimpulkan, dalam 3 makna yang berbeda dari beberapa pakar. Dapat disimpulkan bahwa Negara Serikat/Federal adalah negara yang bersusunan jamak, terdiri atas beberapa negara bagian yang masing-masing tidak berdaulat

-Perbedaan : Terdapat pada makna yang dikeluarkan C.F. Strong . bahwa penyelenggaraan kedualatan ke luar dari negara-negara bagian diserahkan sama sekali kepada pemerintah federal, sedangkan kedaulatan ke dalam dibatasi.

3. Coba kalian rumuskan pengertian negara kesatuan menurut pendapat kalian sendiri.

Jawaban : Negara kesatuan adalah negara yang bersusunan  tunggal, yaitu kekuasaan untuk mengatur seluruh daerahnya ada di tangan pemerintah pusat. Pemerintah pusat memegang kedaulatan sepenuhnya, baik kedalam maupun keluar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Klik Untuk Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel