Tutorial Cara Cepat Membuat Banyak User Sekaligus di Linux Debian 7, 8, 9 Juga Ubuntu - Wanjay

Tutorial Cara Cepat Membuat Banyak User Sekaligus di Linux Debian 7, 8, 9 Juga Ubuntu

Tutorial Cara Cepat Membuat Banyak User Sekaligus di Linux Debian 7, 8, 9 Juga Ubuntu

Wanjay - Ketika ingin mengerjakan suatu pekerjaan ataupun melaksanakan tugas soal LKS dan di soal atau tugas tersebut kita harus membuat puluhan bahkan ratusan user. Namun jika kita belum tahu bagaimana cara agar ratusan user tersebut di buat dengan mudah dan cepat, tentu akan membutuhkan waktu yang lama apalagi jika berhadapan dengan lks, itu memerlukan waktu. 

Coba pikirkan saja jika kita membuat ribuan user satu-satu? keburu keriting nih jari bosque, tapi di sisi lain jari kita akan semakin lama akan semakin cepat dalam mengetik karena menghadapi latihan ataupun tantangan seperti itu.

Itulah mengapa pepatah mengatakan, semua itu ada hikmahnya.

Nah, di postingan kali ini Wanjay akan share tutorial tentang bagaimana caranya agar membuat banyak user sekaligus dengan cepat tanpa ketik satu-satu, dengan cara ini kita akan dapat membuatnya secara automatis tanpa harus berlama-lama membuatnya secara manual.

Buat Para LKS Warior Kita memerlukan trik untuk menambah bumbu-bumbu potensi kemenangan, Mengetahui konfigurasi saja itu tidak cukup, kita harus menciptakan atau menguasai suatu trik ( atau apalah ) yang baru dan jarang yang mengetahui.

Bagaimana tidak? bayangkan jika misalnya ketika menghadapi LKS Kabupaten, menurut pengalaman di saat LKS kabupaten kita menghadapi lawan satu sekolah kita sendiri, alias di dalam satu sekolah ada dua orang perwakilan. Gurunya sama, yang di pelajari sama. Apa yang di perlukan untuk menang? Trik dan Skills yang berbeda, kita harus menjadi yang lebih baik dan mengasah kemampuan kita lebih dari lawan kita.

Selain dari guru di sekolah, Kita asah kemampuan kita dari tempat lain misalnya melalui internet ataupun ada teman agan yang di internet yang memiliki hobi yang sama. Ada banyak guru selain di sekolah yaitu pengalaman, kita berexperiment dengan linux, cisco, windows server, mikrotik dan lainnya, itu pelajari sedalam-dalam nya.

Oke kita masuk ke tutorialnya, di sini kita menggunakan bash scripting dalam menjalankan aksi kita :D. Jika belum tahu apa itu bash scripting, silahkan simak penjelasan berikut ini, namun jika belum silahkan langsung saja ke tutor-nya.

Apa itu Bash Scripting ?


Bash Scripting adalah salah satu jenis shell yang ada pada linux, nah bash ini adalah shell yang paling banyak di gunakan oleh linux user. Jika belum tahu apa itu shell, shell adalah program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command), selain itu shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program.

Cara Membuat Banyak User Sekaligus di Debian dengan Bash Scripting


Anggap saja kita sedang mengerjakan soal LKS yang di soal itu berisi membuat User dengan nama korlong sampai 69 100 biji dan dengan Password wanjaydotcom, Jadi contohnya begini korlong69, korlong2, korlong3 - korlong100, Oke langsung saja kita buat.

Pastikan agan sudah dalam mode root atau SU ( super user ), saya asumsikan agan sudah tahu caranya masuk ke mode superuser.
  • Pertama kita masuk ke direktori Home ketikkan perintah di bawah ini
#cd /home/
  • Selanjutnya kita akan membuat suatu file dan file itu akan di edit dengan editor nano bisa juga menggunakan pico. ikuti atau ketikkan perintah di bawah ini.
#nano user.sh
  • Tambahkan script berikut ini
Script Add banyak user
for ((i=01; i<=100; i++))
do
adduser korlong$i --force-badname --disabled-password --gecos korlong$i
passwd korlong$i <<< "wanjaydotcom"$'\n'"wanjaydotcom"
done
Kegelapan Keterangan :
  1. Tulisan korlong adalah Nama user
  2. Tulisan nomor 01 dan 100 adalah jumlah user yang akan di buat misalnya dari 1-100
  3. Tulisan wanjaydotcom adalah password dari user
  • Lalu save filenya dengan tekan tombol CTRL+X lalu ketik y lalu enter
  • Kemudian Eksekusi File tadi dengan perintah
#bash user.sh
Daftar User

Dan rasakan sensasi (berasa cem hekel) tampilan text yang ada di terminal.
  • Cek Daftar User apakah sudah ada atau tidak
ls -al
  • Jika sudah Muncul banyak user maka sudah berhasil dan selesai sudah.
Mudah sekali bukan? kita hanya tinggal mengetikkan script tadi dan sistem membuat user yang banyak secara automatis tanpa harus ribet ketik satu-satu.


Cukup itu saja yang dapat saya sampaikan, Demikian artikel kali ini tentang cara membuat user yang banyak sekaligus di debian semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini agar yang lain juga pada tahu. Nantikan update artikel berikut, terima kasih sudah berkunjung.

Subscribe Blog Wanjay Agar tidak Ketinggalan Update. Gratis!!!

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel