6 Tips Cara Sehat Main, Belajar atau Bekerja di Depan Komputer dan HP - Wanjay

6 Tips Cara Sehat Main, Belajar atau Bekerja di Depan Komputer dan HP

6 Tips Cara Sehat Main, Belajar atau Bekerja di Depan Komputer dan HP

6 Tips Cara Sehat Main, Belajar atau Bekerja di Depan Komputer dan HP - Semakin meningkatnya perkembangan teknologi semakin banyak yang menggunakan komputer di kehidupan sehari-hari, seperti contohnya seorang blogger, youtuber maupun seorang pekerja yang setiap harinya harus melihat layar monitor di komputer milik nya, tentu itu memiliki dampak buruk atau bahaya yang dapat berdampak mengurangi kinerja mata dan lama-lama bisa jadi rabun.

Apalagi siswa atau pelajar yang senang membaca artikel tutorial di internet tentu harus sekali mengetahui hal ini agar semoga tidak terjadi hal yang buruk nantinya.

Selain kesehatan mata, kesehatan tubuh lainnya juga dapat terganggu karena duduk berjam-jam duduk di depan komputer, selain itu ada juga dampak baik yaitu kulit kita akan menjadi putih karena jarang terpapar sinar matahari, tapi jika kulit nya tetap hitam ya itu mungkin karena ketika saat pembagian kulit agan memilih kulit hitam permanent hehe.

Tips Sehat Saat Ketika Berada di Depan Komputer/PC/Laptop/HP/TV atau Lainnya


Oke gaes di postingan kali ini mimin akan share tips sehat di depan komputer agar semoga para pembaca di blog Wanjay ini insha allah sehat selalu ya, jangan lupa di iringi dengan doa dan semoga dapat meningkatkan kepedulian kesehatan tubuh nya.

#1. Jangan Kelamaan Melihat Layar HP/Komputer 

Seharian di Depan Komputer

Tentu ini sering terjadi buat agan yang sedang chattingan di sosmed, belajar, kerja, ngerjain tugas, bermain game contohnya main mobile legends atau sebagainya, hal ini dapat membuat agan lupa dengan kesehatan mata agan. Tidak baik untuk kesehatan jika berlama-lama melihat komputer, Berikut tips untuk menghadapi masalah ini.

  •  Melihat tumbuh-tumbuhan/pohon-pohonan hijau-hijauan agar dapat menyegarkan mata.
  •  Perbanyak berkedip atau menutup mata beberapa saat.
  •  Luangkan waktu untuk melihat hal yang lain selain layar monitor.
  •  Melakukan stretching agar syaraf mata tidak tegang. 

Stretching atau Peregangan adalah bentuk latihan fisik di mana otot atau tendon tertentu sengaja dilenturkan atau diregangkan untuk meningkatkan elastisitas otot dan mencapai otot yang nyaman. Hasilnya adalah perasaan kontrol otot yang meningkat, fleksibilitas, dan rentang gerak

  •  Jangan lupakan dan Lakukan hal yang lain seperti beribadah, olahraga, membantu orang tua.
  •  Di sarankan Jangan begadang dan tidak main HP saat sebelum tidur

#2. Posisi Ketika di Depan Komputer

Posisi Tubuh Yang Benar

Saat duduk atau berakfivitas di depan komputer harus menerapkan posisi duduk yang sehat dan tidak duduk secara sembarangan, berikut beberapa hal yang harus di terapkan.

  • Sesuaikan jarak wajah/mata dengan layar monitor ideal dan nyaman. Tidak terlalu jauh, dan tidak terlalu dekat. Beri jarak kira-kira 30 cm antara wajah dengan layar monitor.
  • Saat ketika kondisi duduk dengan kursi, usahakan posisi badan tega jangan membungkuk, posisi tangan kira-kira membentuk 90°,  kaki lurus ke depan atau ke bawah.
  • Ketika di saat kondisi duduk tanpa kursi, posisi badan dan tangan sama dengan posisi duduk dengan kursi. Tetapi, usahakan kaki lurus ke arah depan agar kaki tidak mudah kesemutan dan aliran darah lancar.
  • Usahakan posisi badan agar selalu rileks.


#3. Memakan Makanan yang Sehat

Buah dan Minuman Segar

Makanan sehat seperti buah-buahan atau sayur-sayuran tentu sangat bagus bagi kesehatan tubuh, usahakan perbanyak makanan sehat seperti ini. Dan jangan lupa untuk minum air putih yang banyak, kurangi makan makanan jajanan atau cepat saji, biasanya ini terjadi di saat menonton film di depan laptop lalu sambil ngemil cemilan. Perhatikan hal berikut ini.

  • Bila anda suka ngemil, usahakan anda mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan alami seperti buah-buahan, sayur-sayuran, susu, ataupun jus sehat tanpa pemanis buatan contohnya seperti Jus wortel.
  • Hindari makan-makanan cepat saji atau instan seperti mie instan ataupun fast food/junk food/cemilan.
  • Selalu minum air agar anda tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dan mata kering.

#4. Menjaga Kebersihan

Berantakan

Ketika sedang seru-serunya bermain di depan komputer dan sampe lupa waktu sehingga kita lupa mandi tentu itu tidak baik bagi tubuh karena kurang nya kebersihan tubuh dan tubuh kita jadi bau, kita harus rajin membersihkan tubuh agar kita bisa merasa nyaman beraktifitas di depan layar monitor dan agar terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan.

  • Rapikan tempat atau markas komputer agan, buatlah serapi dan sebersih mungkin agar nyaman dan sehat.
  • Bersihkan debu dan kotoran pada monitor agar mata tidak cepat lelah karena terkena debu yang berada di layar monitor yang membuat tampilan monitor menjadi kusam dan buram/ngeblur.
  • Jangan lupa Mandi.

#5. Menggunakan Alat/Software

Ngintip ya

Gunakanlah alat bantu yang biasa di jual di toko-toko yang dapat meningkatkan kinerja mata agan, Contohnya sebagai berikut.

  • Menggunakan kacamata misalnya kacamata anti sinar UV(ultra violet) agar terhindar dari sinar UV yang datang dari layar komputer atau HP, jika menggunakan kacamata biasa juga tidak apa-apa agar tidak terlalu berdampak
  • Menggunakan Alat lainnya seperti airbred(sens0r) yang biasa muncul di iklan tv yang berguna untuk kesehatan mata.
  • Biasanya di HP jaman sekarang ada fitur Perlindungan mata yang dapat mengubah warna sinar UV menjadi ke orange-orange-an atau jika tidak ada silahkan install aplikasi yang memiliki fitur tersebut, dan di Windows 10 saat ini sudah ada fitur seperti itu silahkan di nyalakan fiturnya.

#6. Jangan Main Komputer atau HP

Awto Nguap

Ini adalah tips terakhir dari mimin, silahkan di jual atau jangan di pake saja komputer atau hp nya ,cara ini paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata atau tubuh kita dari sinar uv layar atau duduk yang berlebihan karena sangking asik nya main HP/Komputer, memang sudah tidak di pungkiri lagi tips ini, Silahkan di praktekkin.

Akhir Kata

Itulah Tips Cara Sehat Ketika Saat di Depan Komputer, jika ada kesalahan atau ada yang kurang mimin mohon maaf. Jika ada saran tentang tips ini silahkan di share di mari, Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa share artikel ini ya!, nantikan artikel terbaru lainnya di Wanjay. Sekian dan Terima Kasih sudah berkunjung.

Subscribe Blog Wanjay Agar tidak Ketinggalan Update. Gratis!!!

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel