Kunci Jawaban Tugas Mandiri 4.2 Kelas 12 Halaman 125 - 126 Kurikulum 2013 - Wanjay

Kunci Jawaban Tugas Mandiri 4.2 Kelas 12 Halaman 125 - 126 Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tugas Mandiri 4.2 Kelas 12 Halaman 125 - 126 Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tugas Mandiri 4.2 Kelas 12 Halaman 125 sampai 126 Kurikulum 2013 Semester Sekolah SMK SMA SMU MAN dan lainnya - Oke gaes kali ini mimin mau share artikel kali tentang Kunci Jawaban, pasti kalean lagi tugas nih terus males buat ngerjain atau nyari nya di buku hwhw, selo aja Wanjay akan share kunci jawabannya langsung saja di pantengin.

Hal 125


No
Jenis hak warga negara
Contoh perwujudannya
1.
Pasal 27 ayat 2, “Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.”

Masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan pekerjaan yang layak, bahkan malah ada yang masih pengangguran. Karena pekerjaan yang tidak layak tersebut, maka banyak juga masyarakat yang akhirnya penghidupannya kurang layak.


2.
Pasal 28B ayat 2, “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.”

Masih banyak berita tentang penyiksaan anak dibawah umur, ada yang memaksa anak-anak dibawah umur tersebut untuk berjualan, mengemis, dll. Bahkan yang paling baru ini, tentang tindak pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur.


3.
Pasal 28D ayat 1, “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.”

Masih banyak perlakuan-perlakuan yang berbeda di hadapan hukum. Contohnya banyak pejabat-pejabat yang mendapat perlakuan khusus di dalam hukum, sehingga selalu menang dalam suatu persidangan.

4.
Pasal 28D ayat 2, “Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.”

Banyak buruh-buruh yang digaji kurang layak (mendapat upah minimum). Sehingga para buruh tersebut tidak bisa memberikan penghidupan yang layak kepada keluarganya.

5.
Pasal 28E ayat 3, “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.”

Masih adanya pembatasan dalam mengeluarkan pendapat, meskipun hal tersebut tidak tampak di depan publik. Tetapi ketika di “belakang layar”, orang tersebut mendapat ancaman agar tidak mengemukakan pendapatnya.


6.
Pasal 31 ayat 1, “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.”

Di daerah-daerah pelosok Nusantara, masih jarang berdiri sekolah, jika pun ada, itu tidak layak. Sehingga anak-anak di daerah-daerah pelosok tersebut sangat sulit untuk mendapatkan pendidikan.


Hal 126


No.
Pelaksanaan Kewajiban Warga Negara
Contoh Perwujudannya
1.
Pasal  27 ayat 1, “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.”
Seluruh warga negara sama drajatnya di mata hukum dan warga negara harus mematuhi hukum yang brsifat terikat dgn tidak memandang drajat warga negara tsb
2.
Pasal 27 ayat 3, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.”
Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh.
3.
Pasal 29 ayat 2, “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”
Saling menghargai antar umat beragama, Toleransi yang tinggi terhadap agama lain, tidak saling mencemooh.
4.
Pasal 30 ayat 1, “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”
ikut menjaga ketertiban di masyarakat, membangkitkan kecintaan terhadap indonesia, mencintai produk dalam negeri, tidak melakukan perusakan atas fasilitas umum
5.
Pasal 31 ayat 2, “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.”
Pemerintah Melakukan Program Wajib Belajar 9 Tahun tanpa dipungut biaya atau gratis
6.
Pasal 33 ayat 2, “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.”
Pengelolaan lingkungan alam, baik bumi, air dan kekayaan alam adalah milik Negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk memakmurkan rakyat, tidak pandang bulu perbedaan suku, bahasa dan agamanya. Uang hasil bumi dipergunakan untuk kemakmuran rakyat, tidak disalah gunakan

Ketika ngopas sambil di pahami ea gaes agar dapat berguna nantinya di masa yang akan datang. di bawah ini adalah gambar screenshot nya agar bisa kalian save atau simpan.

Hal 125


Kunci Jawaban Tugas Mandiri 4.2 Kelas 12 Halaman 125 - 126 Kurikulum 2013
Kunci Jawaban Tugas Mandiri 4.2 Kelas 12 Halaman 125 - 126 Kurikulum 2013

Hal 126


Kunci Jawaban Tugas Mandiri 4.2 Kelas 12 Halaman 125 - 126 Kurikulum 2013
Kunci Jawaban Tugas Mandiri 4.2 Kelas 12 Halaman 125 - 126 Kurikulum 2013

Akhir Kata

Demikian postingan kali ini tentang Kunci Jawaban Tugas Mandiri 4.2 Kelas 12 Halaman 125 - 126 Kurikulum 2013 Semoga bermanfaat, nantikan artikel terbaru lainnya di Wanjay. Terima kasih sudah berkunjung.

Subscribe Blog Wanjay Agar tidak Ketinggalan Update. Gratis!!!

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel