Apa Itu Pulber, Rekber, UP, Nego, COD, Ripper dalam Jual Beli? Ini Artinya

Apa Itu Pulber Rekber UP Nego COD Ripper BT / Barter TT / Tukar Tambah dalam Jual Beli dan Game? Ini Artinya - Hae gaes, kali ini saya mau membahas tentang maksud atau arti dalam istilah yang sering di gunakan dalam kegiatan transaksi online.

Apa Itu Pulber, Rekber, UP, Nego, COD, Ripper dalam Jual Beli? Ini Artinya

Tidak jarang kata - kata ini di temukan istilah atau kata yang bermunculan dan di ucapkan dalam kegiatan jual beli online, buat kalian yang belum tau artinya pasti bingung dengan kata yang tertulis di postingan atau chat si penjual atau pembeli itu maksudnya apa sih.

Kata - kata ini cukup sering bermunculan di facebook (Fb), Whatsapp (Wa) dan Instagram (Ig).

Arti Kata dan Istilah dalam Jual Beli


Oke kita masuk ke pembahasan

Arti UP

UP : UP berasal dari bahasa inggris yang artinya atas, jadi maksudnya itu postingan yang di komentarin dengan kata "UP gan hehe" agar postingan naik keatas dan tidak tenggelam kemudian postingan dapat terlihat kembali di facebook.

Dengan begitu, akan semakin banyak yang melihat postingan dan kemungkinan akan mendapatkan pelanggan

Kata UP juga bisa di gunakan ketika kita sedang bernegosiasi, dimana ketika kita di tawarkan dengan harga dan kualitas yang tidak sesuai kita gunakan kata UP untuk menolak tawaran nya.

Arti Ripper

Ripper : Kata ini di tujukan bagi mereka yang menipu dan mengambil hak milik orang lain. Jika ada yang berkomentar "Akun Ripper" Itu artinya akun dan pemilik akun sudah pernah melakukan aktifitas menipu.

Arti Rekber

Rekber : Rekber adalah singkatan dari rekening bersama, ketika sedang menggunakan jasa rekber pada saat bertransaksi, si penyedia jasa rekber menampung atau menyimpan dana (transfer dari bank) terlebih dahulu sebelum di berikan ke si penjual

Singkatnya, penyedia jasa rekber adalah pihak ketiga dalam bertransaksi, berguna untuk menghindari penipuan dan pastikan si penyedia jasa rekber ini sudah famous atau terkenal trusted (terpercaya) dalam bertransaksi via rekber.

Arti Pulber

Pulber : Pulber adalah singkatan dari pulsa bersama, sama seperti rekber hanya saja pulber menggunakan pembayaran via pulsa.

Contoh Rekber dan Pulber

Jadi gini, misalnya kita sedang membeli akun game Mobile Legends, PUBG, Free Fire. Nah, kita perlu menggunakan jasa pihak ketiga, atau orang ketiga (bukan selingkuhan).

Sebelum barang di berikan, si pembeli harus sudah mengirimkan uang ke penyedia jasa Pulber, kemudian uangnya akan di tahan sementara sampai si pembeli sudah menerima barang dengan kualitas yang benar dan asli tidak palsu.

Setelah barang sudah terverifikasi asli, maka uang yang di tahan si penyedia jasa rekber akan memberikan uangnya ke penjual.

Saat sebelum si pembeli memberikan uang yang harus di bayar, kita juga harus memberikan uang untuk ke jasa rekber/pulber, karena tanpa penyedia jasa bahaya ntar transaksinya.

Dengan begitu kita akan dapat dengan aman bertransaksi tanpa adanya penipuan.

Note : Jika ada yang ingin mengajak direct atau transaksi secara langsung tanpa pihak ketiga, mending jangan mau apalagi orangnya tidak di kenal atau tidak femes dan aman. Jika kamu nekat tidak pulber/rekber Itu bisa membahayakan dirimu sendiri dan akan tercipta drama terkena typu.

Arti Nego

Nego : Nego adalah kegiatan tawar - menawar dimana bertujuan agar si penjual dan si pembeli dapat saling menguntungkan.

Arti Testimoni

Testi atau Testimoni : Singkatnya, testi atau testimonial adalah bukti yang biasanya berupa gambar atau video atau kesaksian dari pembeli bahwa si penjual adalah penjual yang terpercaya, aman dan terjamin keasliannya.

Arti COD

COD :  COD (Cash on Delivery) artinya membayar barang ketika sudah terkirim. Kata ini sering di gunakan untuk bertujuan agar si pembeli dan si penjual berjumpa langsung dan bayar di tempat.

Metode transaksi ini sangat aman di gunakan untuk menghindari penipuan.

Arti Barter

BT atau Barter : Tukaran barang yang di minati dengan barang yang lain juga.

Arti TT

TT atau Tukar Tambah : Seperti kepanjangan nya, TT adalah metode transaksi tukar barang kemudian di tambah dengan bayaran lain seperti misalnya uang.

Akhir Kata

Itulah Beberapa istilah yang sering di gunakan dalam dunia jual beli online maupun offline, semoga bermanfaat, jika ada yang kurang silahkan komentar. Nantikan artikel terbaru lainnya di Wanjay. Terima kasih sudah berkunjung.
Jangan Lupa Follow dan Bookmark untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru Lainnya, Terima Kasih :)
© WanjayProtected by DMCA Developed by Jago Desain