Shalat Subuh Berapa Rakaat? Ini Dalil & Jawabannya - Wanjay

Shalat Subuh Berapa Rakaat? Ini Dalil & Jawabannya

Mungkin diantara kamu ada yang lupa berapa jumlah rakaat pada waktu sholat zuhur, walaupun sebenarnya kita sudah pernah mengetahui jumlahnya. Namun, kita sebagai manusia tidak luput dari lupa.

Salat Subuh Berapa Rokaat? Ini Dalil & Jawabannya

Bahkan tidak jarang ketika kita sedang sholat, kita malah lupa jumlah rakaat yang sudah kita lakukan. Semoga diantara kamu tidak terjadi hal ini.

Shalat Subuh, atau shalat Fajar adalah salah satu shalat wajib dari shalat lima waktu yang dilakukan pada saat fajar sampai menjelang matahari terbit. Shalat Subuh didahului oleh shalat sunah fajar sebanyak 2 rakaat.

Jumlah rakaat salat subuh adalah dua rakaat dengan bacaan yang panjang. Adapun waktu salat subuh dimulai sejak menyingsingnya fajar, atau redupnya bintang karena cahaya matahari hingga mulai tampak terbitnya matahari.

Menurut pandangan Imam Syafii pada rekaat kedua salat fajar disertai dengan doa qunut setelah bangkit dari rukuk.

Dalil Sholat Subuh Berjumlah 2 Rakaat


 عَنْ قَيْسِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ رَأَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا يُصَلِّي بَعْدَ صَلَاةِ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةُ الصُّبْحِ رَكْعَتَانِ فَقَالَ الرَّجُلُ إِنِّي لَمْ أَكُنْ صَلَّيْتُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا فَصَلَّيْتُهُمَا الْآنَ فَسَكَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ 

Dari Qoys bin Amr –radhiyallahu anhu- beliau berkata:
Rasulullah shollallahu alaihi wasallam melihat seorang laki-laki sholat dua rokaat setelah sholat Subuh. Maka Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda: Sholat Subuh itu dua rokaat. Maka orang itu mengatakan: Sesungguhnya aku belum sholat dua rokaat sebelumnya (sebelum sholat Subuh) maka aku mengerjakannya sekarang. Maka Rasulullah shollallahu alaihi wasallam diam (H.R Abu Dawud, dishahihkan Ibn Hibban dan al-Hakim, disepakati keshahihannya oleh adz-Dzahabiy dan al-Albaniy)

Kesimpulan

Jadi, seperti yang sudah dijelaskan diatas lengkap dengan dalilnya bahwa, jumlah rakaat pada salat subuh adalah 2 rakaat.

Sekian postingan kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kamu semua, terima kasih sudah berkunjung.

Referensi : salafy,or,id

Subscribe Wanjay Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Terbaru Lainnya dan Agar tidak Ketinggalan Update, Gratis!!!

Caranya Masukkan Alamat Email Kamu > Muncul Pop Up > Centang Saya Bukan Robot > Complete > Lalu Buka Email Kamu Pilih Pesan Activate your Email Subscription, Untuk Aktifkan Notifikasi Lalu Buka Link Aktivasinya > Selesai dan Terima Kasih sudah Subscribe :)

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel