Shalat Dzuhur Berapa Rakaat? Ini Dalil & Jawabannya - Wanjay

Shalat Dzuhur Berapa Rakaat? Ini Dalil & Jawabannya

Mungkin diantara kamu ada yang lupa berapa jumlah rakaat pada waktu sholat zuhur, walaupun sebenarnya kita sudah pernah mengetahui jumlahnya. Namun, kita sebagai manusia tidak luput dari lupa.

Shalat Dzuhur Berapa Rokaat? Ini Dalil & Jawabannya

Bahkan tidak jarang ketika kita sedang sholat, kita malah lupa jumlah rakaat yang sudah kita lakukan. Semoga diantara kamu tidak terjadi hal ini.

Dalil Shalat Dzuhur Berjumlah 4 Rakaat


 عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ أَوَّلَ مَا افْتُرِضَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةُ رَكْعَتَانِ رَكْعَتَانِ إِلَّا الْمَغْرِبَ فَإِنَّهَا كَانَتْ ثَلَاثًا ثُمَّ أَتَمَّ اللَّهُ الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ وَالْعِشَاءَ الْآخِرَةَ أَرْبَعًا فِي الْحَضَرِ وَأَقَرَّ الصَّلَاةَ عَلَى فَرْضِهَا الْأَوَّلِ فِي السَّفَرِ 

Dari Aisyah istri Nabi shollallahu alaihi wasallam beliau berkata:
Pertama yang diwajibkan sholat kepada Rasulullah shollallahu alaihi wasallam adalah dua rokaat dua rokaat kecuali Maghrib yang 3 rokaat. Kemudian Allah sempurnakan (jumlah rokaat) Dzhuhur, Ashar, dan Isya’ akhir 4 rokaat dalam kondisi hadir (tidak safar) dan ditetapkan sholat sebagaimana kewajibannya yang awal di waktu safar (H.R Ahmad, dinyatakan sanadnya jayyid oleh Syaikh al-Albaniy dalam Silsilah as-Shahihah penjelasan riwayat no 2815)

Kesimpulan

Jadi, seperti yang sudah dijelaskan diatas lengkap dengan dalilnya bahwa, jumlah rakaat pada salat dzuhur adalah 4 rakaat.

Sekian postingan kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kamu semua, terima kasih sudah berkunjung.

Referensi : salafy,or,id

Subscribe Wanjay Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Terbaru Lainnya dan Agar tidak Ketinggalan Update, Gratis!!!

Caranya Masukkan Alamat Email Kamu > Muncul Pop Up > Centang Saya Bukan Robot > Complete > Lalu Buka Email Kamu Pilih Pesan Activate your Email Subscription, Untuk Aktifkan Notifikasi Lalu Buka Link Aktivasinya > Selesai dan Terima Kasih sudah Subscribe :)

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel