Apa itu Yimyam, Edgy, Normies, Elitis? Ini Artinya - Wanjay

Apa itu Yimyam, Edgy, Normies, Elitis? Ini Artinya

Di Sosial media, sering sekali kita menemukan istilah atau kata yang terkadang kita tidak ketahui apa arti dan maksudnya.

Apa itu Yimyam, Edgy, Normies, Elitis? Ini Artinya

Sebagai contoh, kata seperti Yimyam, Normies, Edgy dan Elitis yang beberapa tahun ini cukup sering muncul di timeline akun Facebook, Instagram juga grup whatsapp saya.

Beberapa kata ini tersebar ke penjuru sosial media dan entah siapa yang menciptakannya, siapa yang memeiliki Hak Cipta dari perkataan ini? dan apakah Copyright-nya dilindugi oleh Undang-undang?

Oke berikut akan kita bahas, apa artinya dari istilah-istilah tersebut menurut bahasa gaul atau istilah di sosial media.

Arti Yimyam


Yimyam adalah istilah yang berasal dari indonesia, yimyam ini ditujukan kepada orang yang overused (penggunaan yang berlebihan) dengan emoticon Pacman (:v) dan juga ketika berbicara selalu mengubah huruf "B" menjadi "V"

Contoh : Njirr vroh :v vervuru uvur uvur :v :v

Hal itu merupakan sebagian dari ciri-ciri yimyam, yimyam juga identik dengan liker dan pengikut MCI (Meme Comic Indonesia) dan FP meme lainnya.

Asal Muasal Yimyam

"Yimyam" adalah evolusi kata dari "Meme"
Meme -> Miymay atau Maymay -> Yimyam

Evolusi kata tersebut berasal dari luar indonesia dan kemudian digunakan oleh orang-orang di indonesia sebagai sebuah istilah.

Menurut pengalaman saya dalam memantau pembaharuan di sosmed, Orang Yimyam mulai banyak tersebar pada kurang lebih tahun 2013 - 2016, populasi mereka saat itu banyak sekali, dan sekarang seiring berjalannya waktu populasi mereka hampir punah.

Selalu menjadi langganan bully para "elitis" karena cancernya mereka.
Literasi meme yang sudah kuno dan terlalu overused dalam penggunan emot pacman
Juga cringe dalam pengubahan huruf B menjadi V.

Sekarang ini masih banyak orang-orang yang menggunakan emot pacman (:v), namun dalam takaran yang berbeda.

Biasanya netizen menggunakan emot pacman dengan normal, dengan 1 pacman dan dengan obrolan situasi yang memungkinkan untuk menggunakan pacman yang tidak berlebihan.

Btw, kenapa yimyam dikaitkan dengan elitis? sebenarnya apa itu elitis?

Arti Elitis


Menurut KBBI, elitis adalah terpilih; terpandang (tentang kelompok dalam masyarakat)

Dalam sosial media, elitis merupakan kata versi singkat dari Elitishit, elitis dikaitkan dengan orang yang merasa paling superior, lain dari yang lain, tidak ingin ikut arus yang mainstream, ingin merasa tampil beda dari masyarakat pada umumnya.

Selalu mengomentari humor maupunun kebiasaan orang lain, dengan memaksakan sudut pandangnya.

Arti Edgy


Edgy bersifat cutting-edge (cutting-edgy), Yaitu inovasi terdepan dan terkini yang dapat menjadi tren terbaru. Karena ingin menjadi inovasi tren terbaru, akhirnya memunculkan trend fashion yang tidak konvensional, aneh dan provokatif.

Istilah ini juga mulai merambah ke dunia seni untuk menggambarkan gaya seni yang tidak wajar. Maka munculah makna ketiga dari edgy yang sudah mulai dibakukan.

Kemudian dalam perkembangannya, fashion yang edgy semakin lama dianggap semakin aneh karena dianggap cuma ingin tampil beda.

Fashion yang edgy mulai menjadi bahan olok-olok karena bergaya sok keren tapi norak. Akhirnya muncul istilah slang atau bahasa gaul yang mengasosiakan edgy dengan sesuatu yang norak, tidak hanya dalam lingkungan dunia fashion saja.

Baca JugaApa itu :voss, Sans, Santuy? Ini Artinya dalam Bahasa Gaul

Di kalangan warganet, edgy menjadi memiliki makna peyoratif untuk menyebut sesuatu yang sok keren, sok canggih, padahal sebenarnya norak.

Itulah kenapa banyak orang-orang yang ingin terlihat kekinian padahal norak, disebut dengan sok edgy.

Arti Normies


Normis adalah kata yang berasal dari kata “Normal” dan kemudian berevolusi menjadi “Normies” Normies menggambarkan seseorang yang bertingkah dan cara berpikir layaknya sama seperti rata-rata orang lain pada umumnya.

Tidak seperti mengikut Pemikiran dan perilaku kebanyakan orang yang kekinian, tidak anti mainstream atau tidak mau tampil beda seperti orang normal pada umumnya, tidak aneh.

Contoh : Orang yang tidak mengerti dengan suatu meme atau shi7post maka orang tersebut disebut dengan normies.

Akhir Kata

Demikian postingan kali ini tentang apa itu yimyam, edgy normies dan elitis semoga bermanfaat.

Subscribe Wanjay Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Terbaru Lainnya dan Agar tidak Ketinggalan Update, Gratis!!!

Caranya Masukkan Alamat Email Kamu > Muncul Pop Up > Centang Saya Bukan Robot > Complete > Lalu Buka Email Kamu Pilih Pesan Activate your Email Subscription, Untuk Aktifkan Notifikasi Lalu Buka Link Aktivasinya > Selesai dan Terima Kasih sudah Subscribe :)

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel