Cara Mengatasi Baterai iPhone Tidak Nambah atau Stuck di 80% Saat Dicas

Pengguna iPhone di seluruh dunia telah mengeluh bahwa perangkat mereka tidak mengisi daya melebihi 80%. 

Ini adalah masalah umum di mana iPhone berhenti mengisi daya pada 80 persen selama beberapa menit atau bahkan berjam-jam meskipun dicolokkan ke pengisi daya. 

Pada artikel ini, mari kita lihat mengapa iPhone Anda tidak mengisi daya di atas 80% dan cara memperbaikinya. 

Mengapa iPhone Tidak Mengisi Lebih Dari 80% Bahkan Saat Dicharger?

iPhone Tidak Mengisi Daya Di Atas 80 Persen bermula pada iOS 13, Apple memperkenalkan fitur pengoptimalan baterai baru yang disebut Pengisian yang Dioptimalkan. 

Diaktifkan secara default, ini memperlambat pengisian daya iPhone untuk menjaga kesehatan baterai. Dan seringkali, ia mempertahankannya pada 80% untuk memperlambat laju penuaan baterai.

Selain Pengisian yang Dioptimalkan, mungkin ada alasan lain mengapa iPhone Anda tidak lagi mengisi daya setelah persentase tertentu. 

Bisa jadi suhu tinggi, pengisi daya atau kabel yang rusak, masalah dengan baterai perangkat, atau perangkat lunak.

Di bawah ini adalah hal-hal yang harus dilakukan jika iPhone Anda tidak terisi daya setelah 80%, bahkan saat dicolokkan menggunakan charger fast charging.

Metode 1- Matikan Pengisian daya yang Dioptimalkan

Pengisian Baterai iPhone yang Dioptimalkan iPhone Anda menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat untuk memahami rutinitas pengisian harian Anda dan memprediksi apakah akan dicolokkan ke pengisi daya untuk waktu yang lebih lama. 

Itu kemudian dapat memperlambat pengisian dan menunggu waktu yang tepat untuk menyelesaikan pengisian melewati 80 persen.

Ini membantu memperpanjang umur baterai dan mencegah degradasi. Namun, algoritme tidak selalu benar dan mungkin membuat baterai tetap 80% selama beberapa menit atau jam bahkan saat Anda ingin mengisi daya dengan cepat. 

Untungnya, Anda dapat mematikannya, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

1. Buka Pengaturan di iPhone Anda.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Baterai > Kesehatan Baterai.

3. Matikan sakelar untuk Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.

4. Ketuk Matikan Hingga Besok atau Matikan permanen.

Mengklik Matikan Hingga Besok menonaktifkan pengisian daya yang dioptimalkan hingga pukul 6 pagi keesokan harinya. 

Opsi lainnya akan menonaktifkannya secara permanen, yang tidak akan kami rekomendasikan jika Anda khawatir tentang daya tahan baterai.

Apakah Berbahaya Mengisi Baterai iPhone sampai 100%?

Baterai lithium-ion paling ditekankan pada rentang ekstremnya. Oleh karena itu, mendorongnya untuk mengisi daya dari 80 hingga 100 akan menyebabkan penuaan lebih cepat. Ini akan menurunkan baterai dan mengurangi kapasitas penyimpanan muatan iPhone Anda.

Jadi, jika Anda lebih suka menjaga iPhone tetap terhubung sepanjang waktu, itu akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk membiarkan Pengisian yang Dioptimalkan dihidupkan atau mencoba mencolokkan perangkat setelah lebih dari 80%.

Metode 2- Dinginkan iPhone

Apakah pengisian daya iPhone Anda macet di 80% bahkan saat pengisian daya yang dioptimalkan dimatikan? 

IPhone cepat panas saat mengisi daya, terutama saat menggunakan pengisi daya cepat. Setelah di atas batas suhu, fitur perlindungan baterai akan aktif dan menghentikan pengisian daya.

Biarkan iPhone tetap terhubung, dan pengisian daya akan dilanjutkan setelah suhu kembali normal. 

Jika sangat hangat, lepaskan pengisi daya dan tunggu hingga dingin. Anda juga dapat mengikuti tips di bawah ini untuk menjaga iPhone Anda tetap dingin saat mengisi daya:

Isi daya iPhone di ruang ber-AC atau berventilasi.

Pastikan tidak terkena panas matahari langsung, katakanlah, di dasbor mobil Anda.

Lepaskan kasing atau aksesori lain yang terpasang pada iPhone.

Jangan gunakan iPhone saat mengisi daya.

Metode 3- Periksa Kabel & Charger

Hal berikutnya yang harus Anda periksa adalah kabel lightning dan pengisi daya. Pastikan Anda menggunakan aksesori asli atau bersertifikat Apple untuk produk pihak ketiga. 

Jika Anda mendapatkan peringatan yang mengatakan, “Aksesori ini mungkin tidak didukung,” pengisi daya atau kabel Anda mungkin rusak atau tidak disertifikasi oleh Apple.

Coba pengisi daya, kabel, dan soket yang berbeda untuk menemukan sumber masalahnya. 

Jika Anda tidak memiliki pengisi daya tambahan, gunakan output USB komputer Anda untuk mengisi daya perangkat, tetapi akan lebih lambat dari biasanya. 

Ini mungkin harus memperbaiki iPhone Anda macet di 80% saat mengisi daya.

Metode 4- Bersihkan Port Lightning

Kabel atau pengisi daya bisa saja kotor. Gunakan earbud atau sikat lembut untuk membersihkan puing-puing dan kotoran dari port lightning, lalu colokkan kabel untuk melihat apakah pengisian dayanya normal.

Ini biasanya terjadi jika Anda tinggal di lingkungan yang berdebu atau iPhone Anda sudah lama tidak dibersihkan.

Metode 5- Periksa Kondisi Baterai

Seperti baterai lithium-ion lainnya, baterai iPhone menurun seiring waktu karena siklus pengisian dan pengosongan yang konstan. Sesuai Apple, sel iPhone dirancang untuk mempertahankan 80% dari total kapasitasnya setelah 500 siklus pengisian penuh dalam kondisi normal.

Jika iPhone Anda terlalu tua, baterai yang rusak bisa menjadi penyebab baterai tidak terisi melebihi 80 persen atau batas tertentu. Anda mungkin juga melihat tanda-tanda lain seperti pembengkakan atau tonjolan di telepon.

Baterai cepat habis atau tiba-tiba, atau mati secara tidak normal.

Untuk memeriksa kesehatan baterai di iPhone Anda:

1. Buka Pengaturan di iPhone Anda.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Baterai.

3. Di sini, ketuk Kesehatan Baterai untuk melihat kapasitas maksimumnya saat ini.

Jika kesehatan baterai Anda menurun melebihi 60-70%, kapasitas penyimpanan daya akan berkurang, dan Anda mungkin mulai melihat penurunan kemampuan kinerja puncak. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk menggantinya ke pusat layanan resmi.

Cara Lain untuk Memperbaiki iPhone Tidak Mengisi Di Atas Persentase Tertentu

Mematikan pengisian daya yang dioptimalkan dan menjauhkan iPhone dari panas akan berhasil bagi kebanyakan orang untuk mengisi daya iPhone melebihi 80%. 

Tetapi jika itu tidak berhasil untuk Anda, berikut adalah beberapa langkah pemecahan masalah lain untuk dicoba:

  1. Cabut pengisi daya dan restart iPhone Anda.
  2. Perbarui ke perangkat lunak terbaru yang tersedia untuk iPhone Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Unduh dan instal jika ada pembaruan yang tersedia.
  3. Buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone. Ketuk Atur Ulang > Atur Ulang Semua Pengaturan. Melakukannya akan mengatur ulang semua pengaturan ke default.
  4. Factory Reset iPhone untuk memulai dari awal.
  5. Hubungi Dukungan Apple atau kunjungi Pusat Layanan Apple resmi untuk pemecahan masalah lebih lanjut.

Tips untuk Meningkatkan Ketahanan Baterai iPhone Anda

Berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti untuk memperpanjang dan menjaga kesehatan baterai iPhone Anda selama mungkin:

  1. Hindari penggunaan baterai pada kondisi ekstrem, misalnya, mengisi daya iPhone hingga 100% atau mengurasnya hingga 0. Kisaran 40-80% adalah titik terbaik untuk baterai.
  2. Hindari menggunakan iPhone pada suhu ekstrim. Suhu lingkungan yang ideal untuk iPhone adalah 16°C hingga 22°C, dan suhu di atas 35°C berpotensi merusak kapasitas baterai. Hal yang sama berlaku untuk suhu di bawah 0 °C.
  3. Gunakan Pengisi Daya Apple dan kabel asli untuk mengisi daya iPhone Anda. Jika menggunakan produk pihak ketiga, pastikan itu adalah produk yang disertifikasi oleh Apple.

Ini semua tentang apa yang harus dilakukan jika iPhone Anda tidak mengisi daya melebihi 80% bahkan ketika dicolokkan ke pengisi daya cepat atau pengisian daya yang dioptimalkan sudah dinonaktifkan.

Saya harap panduan di atas membantu Anda mengisi daya iPhone Anda dengan cepat saat dan saat diperlukan dan juga menjaga kesehatan baterainya dalam jangka panjang.

Jangan Lupa Follow dan Bookmark untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru Lainnya, Terima Kasih :)
Gabung dalam percakapan
© WanjayProtected by DMCA Developed by Jago Desain