Penyebab Zoom Meeting Tidak Ada Suara dan Cara Mengatasinya

Penyebab Zoom Meeting Tidak Ada Suara dan Cara Mengatasinya

Bagaimana bila Zoom Meeting tidak ada suara cara mengatasinya. Zoom Meeting adalah salah satu aplikasi meeting dan belajar online yang populer sejak pandemi COVID-19. Sebagai aplikasi yang sering digunakan, Zoom terus melakukan update untuk memperbaiki kinerjanya agar memudahkan penggunanya. 

Meskipun demikian, pada prakteknya masih ditemui beberapa kendala terkait penggunaan aplikasi untuk kegiatan belajar daring ataupun meeting. 

Bagaimana Jika Zoom Meeting Tidak Ada Suara Cara Mengatasinya 

Pertama-tama, harus tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah masalah audio atau suara yang terkadang tidak terdengar atau tidak muncul. Apa penyebabnya? Di bawah ini beberapa penyebab Zoom Meeting tidak terdengar suara dan cara mengatasinya. 

1. Tidak Mengaktifkan Fitur Join Audio

Salah satu penyebab Zoom Meeting tidak mengeluarkan suara karena fitur Join Audio belum diaktifkan secara otomatis. Setiap kali Anda masuk ke dalam video meeting harus mengklik 'Join Audio' agar bersuara. Anda dapat mengatur audio agar mengeluarkan suara secara otomatis dengan cara klik pada Setting lalu aktifkan audio secara otomatis atau Auto-connect to audio kemudian klik WIFI or Cellular Data. 

2. Mengalami Bug pada Aplikasi 

Karena kebutuhan Zoom sering digunakan hampir setiap hari. Dengan penggunaan setiap hari kadang bug dapat membuat percakapan atau suara hilang tiba-tiba. Ada baiknya sebelum melakukan Zoom Meeting Anda merestart aplikasi dengan cara login ulang. Anda juga bisa menghapus cache yang terdapat pada aplikasi Zoom. 

3. Sistem Operasi yang Bermasalah

Jika me-restart aplikasi tidak juga dapat teratasi maka kemungkinan suara hilang karena sistem operasi ponsel atau laptop yang digunakan. Disarankan untuk me-restart laptop ataupun ponsel. 

4. Belum Mengklik Unmute 

Fitur Unmute berfungsi untuk menonaktifkan fungsi senyap dengan begitu peserta dapat mendengar suara pengguna tertentu. Sebaliknya Mute berfungsi untuk mensenyapkan suara. 

5. Tidak Menaikkan Volume pada Saat Meeting sedang Berlangsung

Penyebab terakhir mungkin saja Anda lupa menaikkan volume. Anda dapat menekan tombol di sisi kiri atau kanan pada ponsel untuk memunculkan suara dari Zoom Meeting.

Artikel di atas membahas bagaimana jika Zoom Meeting tidak ada suara cara mengatasinya. Cara caranya Anda dapat mengikuti hal hal yang disebutkan di atas. Pastikan koneksi Anda juga terjamin lancar agar lebih mudah mengakses Zoom Meeting.

Gabung dalam percakapan
© Wanjay. All rights reserved. Developed by Jago Desain