Cara Mengatasi IDM Error, Gagal, Tidak Bisa MenDownload File Video Streaming - Wanjay

Cara Mengatasi IDM Error, Gagal, Tidak Bisa MenDownload File Video Streaming

Cara Mengatasi IDM Error, Gagal, Tidak Bisa Download File Video Streaming - IDM atau internet download manager adalah salah satu terbaik untuk melakukan kegiatan mendownload di internet, Seperti download game, film, streaming youtube, software aplikasi dan lain sebagainya pokoknya semua file yang ada di internet bisa didownload secara gratis maupun berbayar, ukuran besar maupun kecil.

Cara Mengatasi IDM Error, Gagal, Tidak Bisa Download File Video Streaming

Menurut pengalaman saya, mendownload menggunakan IDM ini jauh lebih cepat di bandingkan menggunakan browser biasa seperti chrome, firefox, opera dan sebagainya. Itulah keunikan dari IDM ini.

Dibalik itu semua ada kendala yang tidak jarang terjadi di saat menggunakan software IDM ini, salah satu nya, idm nya tidak bisa melakukan download file atau video streaming di youtube, karena firewall, error, tidak muncul, berhenti di saat tertentu misalnya di 99%.

Oke kali ini saya akan memberikan informasi tutorial bagaimana cara mengatasi, mencegah dan memperbaiki hal tersebut supaya atau agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. Untuk cara nya saya memberikan berdasarkan pengalaman saya sendiri dan mencari - cari di internet yang berdasarkan pengalaman saya cara ini berhasil atau work 100%.

Cara Mengatasi IDM Error, Tidak Bisa Download


Silahkan ikuti langkah di bawah ini dengan benar dan jangan ada yang terlewatkan.

  • Pastikan extensions idm sudah terinstall atau terintegrasi di browser, jika sudah. Coba di matikan kemudian hidupkan kembali extensions atau addons idm pada browser.
  • Jika menggunakan browser chrome silahkan copas url di bawah ini ke address bar browser chrome, kemudian tekan tombol nya seperti gambar di bawah.
chrome://extensions/
Memunculkan IDM di Browser Chrome dan Firefox
  • Jika pake browser Firefox tekan tombol CTRL+SHIFT+A untuk membuka menu add ons, lalu matikan dan hidupkan add ons idm nya.
  • Jika sudah silahkan restart (tutup lalu buka) masing - masing browser.

Jika tidak ada extensi atau addons IDM di dalam browser, silahkan ikuti cara di bawah ini.

  • Buka folder tempat IDM terinstall, biasa nya lokasi folder berada di 
C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager
  • Jika di folder di atas tidak ada silahkan cari di local disc C kemudian ke Program Files.
  • Kemudian di dalam folder instalasi IDM, silahkan cari file bernama IDMGCExt.crx. Lalu tarik file IDMGCExt.crx ke menu extensions di google chrome begitu juga dengan browser firefox.
  • Selesai kemudian idm akan tampil di masing - masing browser, dan pastikan sudah di aktifkan.

Mengatasi Jika tidak muncul Pop up IDM disaat mendownload


Disini kita akan menggunakan cara manual jika IDM tidak automatis mendownload file di saat menekan link download, sebenarnya juga bisa menggunakan cara yang diatas agar muncul kembali, tapi ini adalah trik khusus untuk mendownload nya secara manual.

  • Pertama pastikan IDM sudah di buka dan muncul logo IDM di taskbar
  • Buka idm nya lalu pilih Add URL 
  • lalu masukkan url atau link download nya ke kolom address 
  • Kemudian klik OK lalu start download.

Mengatasi IDM Tidak Muncul Automatis dengan cara manual

Mengatasi Tidak Bisa Download Video Streaming Seperti Youtube


Terkadang IDM tidak mau muncul di vidio streaming youtube, silahkan di perbaiki dengan cara seperti di atas, contoh nya menghidupkan kemudian mematikan extensi idm, restart, install ulang extensi idm dan lainnya.

Atau bisa menggunakan trik di bawah ini.

  • Buka website penyedia online video converter seperti savefrom.netwww.onlinevideoconverter.com, atau website ini atau bisa cari website lain di google dengan keyword online video converter youtube.
  • Copy link video youtube di website tersebut, Setelah itu pilih resolusi atau ukuran berapa, kemudian akan muncul ukuran nya. lalu tekan tombol start dan kemudian website nya akan convert video nya. Lalu klik kanan tombol download, lalu pilih Download with IDM.

Tutorial Cara Mengatasi Gagal Download di IDM


  • Di saat download file seperti software, game dan lain sebagainya, silahkan matikan terlebih dahulu antivirus nya, karena terkadang file yang di download itu mengandung virus, yang sebenarnya tidak mematikan namun di anggap virus oleh antivirus itu sendiri.

Mencegah Gagal Download di IDM

Untuk mencegah terjadinya gagal download atau nyendat - nyendat atau berhenti download di IDM, pastikan koneksi internet agan dalam keadaan stabil, dan jangan kelamaan tidak ada sinyal. Karena bisa saja file nya corrupt. Disarankan untuk menggunakan wifi atau download di tengah malam agar koneksi nya stabil karena jarang sekali orang yang menggunakan internet di jam tengah malam.

Setting Koneksi di IDM

Kali ini mensetting pengaturan di IDM agar lebih cepat.

  • Buka IDM nya, lalu pilih option > Connection.
  • Silahkan atur sesuai tipe koneksi internet kalian, Jika menggunakan jaringan 4G dan menggunakan wifi di sarankan ikuti seperti di gambar di bawah ini.

Cara Mempercepat IDM

Akhir Kata

Itulah Cara Mengatasi IDM Error, Gagal, Tidak Bisa Download File Video Streaming, semoga bermanfaat jika ada yang kurang silahkan di tanyakan atau berkomentar. Nantikan update artikel terbaru lainnya di Wanjay. Terima kasih sudah berkunjung.

Subscribe Blog Wanjay Agar tidak Ketinggalan Update. Gratis!!!

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel